Pages

Thursday, March 7, 2013

5 makanan berserat tinggi


Halo sahabat sehat. Kami akan berbagi tentang 5 makanan berserat tinggi.  Berikut 5 makanan berserat tinggi

Gandum 

Produk gandum dapat memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Produk gandum seperti oat, brown rice, tepung gandum, dan roti gandum mengandung serat yang tinggi. Sereal gandum juga sangat baik untuk sarapan. Karena sarapan gandum bisa menurunkan tingkat kortisol, hormon stres yang terkait dengan berat badan dan kecenderungan untuk menumpuk lemak perut. Jika Gandum tersedia di rumah anda, manfaatkanlah menjadi salah satu menu makanan sehat alternatif anda, tentu saja sangat cocok untuk menu sarapan pagi.



Buah-buahan 

Buah-buahan terkenal dengan kekayaan manfaatnya bagi tubuh kita. Salah satu manfaat yang jellas didapat bagi kesehatan adalah tingginya serat yang dikandung berbagai jenis buah-buahan demi menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Keluarga buah berry adalah jenis yang memiliki serat paling tinggi diantara jenis buah lainnya. Selain itu, ada juga pisang, jeruk, pir, apel untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.

Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber rendah lemak, kaya serat dan zat besi, serta vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niasin dan asam folat, serta mineral seperti magnesium, selenium dan potasium. Biji-bijian yang dimaksud disini seringkali adalah biji-bijian utuh yang endospermnya (kulit arinya) masih melekat.

Sayuran 

Sayuran adalah bagian penting demi memenuhi kebutuhan vitamin dan serat dalam menu harian anda. Jenis sayuran seperti bayam, lobak, bunga kol, kentang, kubis ungu dan labu adalah contoh sayuran yang memiliki serat tinggi. Mengkonsumsi sayuran kaya serat jelas semakin menyehatkan usus anda dan menghindari anda dari kesulian buang air besar dan komplikasi yang menyusulnya

Kacang-kacangan 

Selain sebagai tambahan pada sajian masakan besar anda, kacang-kacangan dapat dijadikan camilan sehat anda. Kacang-kacangan seperti walnut, almond, pistachio adalah kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi.

Demikianlah 5 makanan berserat tinggi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat untuk sahabat sehat dan semoga kita tetap selalu sehat.

0 comments:

Post a Comment