Pages

Thursday, March 7, 2013

10 makanan sehat untuk ibu hamil

Halo sahabat sehat. Disini, kami merangkum pembahasan para ahli yang membicarakan tentang 10 makanan sehat untuk ibu hamil. Disini, anda tak perlu menjadi pemilih dengan menyaring beberapa makanan sehat untuk kehamilan anda, lalu menyatakan bahwa "saya tidak suka ini" atau "saya hanya sukan makanan yang itu", asalkan saja anda tidak membencinya semua, atau tidak ingin mengikuti anjuran makanan untuk kehamilan anda.



Praktik hidup sehat, apalagi ibu hamil yang ingin masa kehamilannya berjalan lancar, berawal dari suatu niat atau fikiran positif bahwa tubuh anda memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang lebih, bukan karena alasan lain, melainkan bahwa kini makanan yang anda konsumsi dibagi dua, satu dikonsumsi oleh tubuh anda, dan kedua, dikonsumsi oleh bayi anda yang ada di dalam kandungan.

Baiklah, berikut 10 makanan sehat untuk ibu hamil, sebagaimana dilansir dari babycenter.com. 

Telur 
"Sungguh menakjubkan apa yang Anda dapatkan hanya dalam sebutir telur, yakni sekitar 90 kalori," kata Elizabeth Ward, ahli gizi dan penulis.

Dalam sebutir telur, selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein berkualitas yang penting untuk kehamilan. "Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein," jelas Ward. "Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein Anda sendiri.
Telur juga kaya akan kolin, yang mendorong pertumbuhan keseluruhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung omega-3 lemak, penting bagi otak dan perkembangan penglihatan.  

Adapun hal buruk dari telur 'untuk kolesterol? Tidak dibenarkan, kata Ward. Ternyata bahwa makan lemak jenuh tidak lebih banyak membuat kerusakan terhadap tingkat kolesterol Anda daripada makan kolesterol secara alami ditemukan dalam makanan. Dan sementara telur tinggi kolesterol, mereka juga relatif rendah lemak jenuh, dengan sekitar satu setengah gram dan per telur. 
"Perempuan sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh," kata Ward.


Kacang-kacangan
Kacang merah, lentil, kacang hitam, kacang pinto, kacang hijau, kacang polong, kacang panjang, dll, menunjukkan bahwa ada begitu banyak jenis kacang yang bisa anda konsumsi sebagai makanan sehat selama kehamilan, bahwa kita di Indonesia, kacang-kacangan sangatlah muda didapatkan. "Kacang mengandung serat dan protein yang paling baik dari semua sayuran," kata Ward.
Anda sudah tahu bahwa protein penting selama kehamilan, namun Anda mungkin belum menyadari bahwa serat dapat menjadi  teman terbaik Anda selama menunggu sembilan bulan. Pada kehamilan, saluran pencernaan melambat, menempatkan Anda pada risiko untuk sembelit dan wasir. Serat dapat membantu mencegah dan meringankan masalah ini. 

Selain itu, kata Ward, makanan yang mengandung serat cenderung kaya nutrisi. Hal ini tentu berlaku pada kacang yang merupakan sumber zat besi yang baik, folat, kalsium, dan seng.

Ubi jalar 
Ubi jalar berwarna oranye karena karotenoid, pigmen tumbuhan yang nantinya dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita, kata Ward.

Meskipun mengkonsumsi terlalu banyak "preformed" vitamin A (ditemukan dalam sumber-sumber hewani, seperti hati, susu, dan telur) bisa berbahaya, karotenoid adalah cerita yang berbeda. Mereka dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.

Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, mereka murah dan serbaguna. "Masak ekstra dan menyimpannya untuk mengiris kemudian sebagai camilan," kata Ward.



Ikan salmon 
Ikan salmon penuh dengan protein berkualitas tinggi, kata Ward, tapi makanan ini merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 lemak. Dan tidak seperti ikan todakking mackereltilefish, dan hiu, salmon memiliki jumlah methylmercury (suatu senyawa yang bisa berbahaya bagi pengembangan sistem saraf bayi Anda) yang rendah.



Hanya saja anda perlu mengingat bahwa walaupun ikan salmon dan lainnya rendah kontaminasi mercury, para ahli FDA menganjurkan untuk tidak makan lebih dari 12 ons per minggu untuk menghindari menelan terlalu banyak merkuri.
Popcorn dan biji-bijian lainnya
Popcorn yang dibuat dari gandum juga memiliki banyak manfaat, selain itu popcorn yang berasal dari buji-bijian gandung banyak disukai orang sebagai cemilan. pada ahli berpendapat bahwa popcorn dalam kehamilan karena mereka tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien - senyawa tanaman yang melindungi sel-sel. 
Jangan berhenti pada popcorn meskipun. Ada banyak biji-bijian lain di luar sana, dari oatmeal untuk roti gandum dengan gandum. Fluffy, kacang-mencicipi quinoa adalah salah satu favorit Ward.

Kenari 
Jika anda tidak suka pada ikan atau telur, tapi masih ingin mendapatkan mereka omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Cobalah kenari, sebagaimana disarankan oleh Kate Geagan, seorang penulis dan ahli diet, "Kenari adalah salah satu sumber terkaya dari nabati omega-3s," katanya. "Sejumlah kenari adalah pilihan yang cocok untuk snack on-the-run atau tambahan salad."

Yunani yoghurt 
Yoghurt Yunani biasanya memiliki dua kali protein yogurt biasa. Dan segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. Jika Anda tidak mengambil kalsium yang cukup. Kekurangan kalsum akan membuat bayi anda "mengambi" asupan kalsium dari tulang maupun gigi anda.

Tujuan selama kehamilan adalah untuk memastikan Anda memberikan segalanya yang dibutuhkan bayi tanpa mengorbankan kesehatan Anda sendiri. Kalsium akan membantu menjaga tulang Anda sendiri utuh sementara bagi bayi anda, kalsium bermanfaat untuk pembentukan rangka/tulang selama masa kehamilan.

Daging tanpa lemak 
Daging adalah sumber yang sangat baik dari protein berkualitas tinggi. Kata ahli gizi asal  Dallas Utara, Karin Hosenfeld; "Carilah daging tanpa lemak atau telah dihilangkan lemaknya". "Ketika membeli daging merah pada khususnya, pilihlah daging yang bebas lemak sekitar sekitar 95 hingga 98 persen ".

Buah-buahan dan sayuran yang beraneka warna 
Mengonsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. "Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan," jelas ahli diet Jodi Greebel, konseling pelayanan gizi di New York.


Sayuran berdaun hijau tua 
Bayam, kangkung, lobak Swiss, dan sayuran berdaun hijau sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Mereka juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

Demikianlah 10 makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat untuk sahabat sehat dan semoga kita tetap selalu sehat.

0 comments:

Post a Comment