Pages

Thursday, March 7, 2013

Manfaat manggis dan kulitnya


Halo sahabat sehat. Kami akan berbagi Manfaat manggis dan kulitnya. Buah manggis memang sangat enak dan kaya akan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manggis merupakan salah satu buah favorit, bukan hanya penikmat buah saja yang memfavoritkannya, namun petani pun ikut-ikutan demam manggis. Di Sumatera Barat (Kabupaten Solok Selatan) buah manggis dibudidayakan dan menjadi komoditas unggulan. Bagaimana tidak, harga jual buah ini tetap stabil karena digemari banyak orang.

Bukan hanya buahnya saja yang dicari dan dinikmati,kulit buah manggis pun dimanfaatkan sebagai ramuan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Konon kulit manggis ini dapat mengatasi sekitar 70 jenis gangguan kesehatan tubuh yang diantaranya adalah beberapa penyakit yang terbilang ganas. Jadi jangan heran jika sekarang banyak sekali minuman atau jus manggis yang beredar dengan membawa khasiat dan manfaat dari buah ini.

Nah, dalam kulit manggis terdapat senyawa Xanthon, yaitu antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Berikut beberapa manfaatxanthone terhadap kesehatan

  1. Anti Oksidan (menangkal radikal bebas)
  2. Anti Virus ( membantu menyembuhkan infeksi karena Virus)
  3. Anti Jamur ( membantu menanggulangi Infeksi karena Jamur)
  4. Anti Lipidemik ( menurunkan kadar lemak dalam darah)
  5. Mengobati dan mencegah Kanker
  6. Mengobati penyakit jantung
  7. Mengobati diabetes ( menurunkan kadar gula dalam darah)
  8. Membantu mengobati kista rahim 
  9. Membantu mengobati Darah tinggi 
  10. Membantu sistem pencernaan 
  11. Mencegah Asteoporosis 
  12. Mengatasi penyumbatan dalam darah 
Sebenarnya manfaat dan khasiat yang terkandung pada kulit buah manggis masih banyak lagi, jangan heran jika manfaat dan khasiatnya sangatlah kaya. Itulah sebabgnya buah ini digemari dan kini banyak diproduksi menjadi berbagai produk herbal.

Anda sendiri juga dapat menikmati buah manggis dalam olahan jus, manfaat dan khasiatnya tidak akan berkurang. Apalagi anda membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat jus kulit manggis yang sangat bermanfaat.
 
Demikianlah Manfaat manggis dan kulitnya yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat untuk sahabat sehat dan semoga kita tetap selalu sehat.

0 comments:

Post a Comment